Blog Asik
Jangan lupa RSS meimiaw :)
Bookmark
di Browser kamu
Punya pertanyaan?
Kirim email ke Mei!

Jumat, 01 April 2011

Pidato Sumpah Pemuda

0 komentar
SUMPAH PEMUDA

Assamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt karena atas kebesaran dan karuniaNya pada hari ini kita dapat berkumpul di sini. Tak lupa shalawat beriring salam kita panjatkan kepada Nabi Muhammad saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke zaman yang terang menderang.
Dalam kesempatan ini izikanlah sayaEki Putra Hidayahtullah berpidato mengenai sumpah pemuda.
Berkat perjuangan dan pengorbanan para pejuang, hari ini kita dapat bersatu dalam tekad dan semangat kebangsaan Indonesia, dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai ke Pulau Rote. Kini Indonesia menjadi jati diri dan rumah yang kita cintai bersama.
Sumpah pemuda mempunyai makna yang sangat mendalam bagi bangsa ini. Sumpah pemuda yang merupakan ikrar bersatunya dan disatukannya tunas-tunas bangsa oleh kesamaan tanah air, bangsa, dan bahasa.
Dalam sejarah, persatuan Indonesia pernah mengalami pasang surut beberapa kali. Pertama, Persatuan di dalam Kesatuan Sriwijaya pada abad 7 Masehi. Kedua, Persatuan Indonesia di era Keprabuan Majapahit pada abad 14 Masehi, pada masa ini Mpu Tantular menyusun Kitab Sutasoma, yang terdapat kalimat BHINNEKA TUNGGAL IKA yang artinya BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU, ungkapan filosofis ini menggambarkan suasana Majapahit dimasa keemasaannya saat itu.
Para hadirin sekalian. Terkadang timbul pertanyaan di benak kita. Mengapa kita harus berdiri tegak? Mengapa kita harus mampu menghadapi semua cobaan dan rintangan? Mengapa kita mampu melampaui masa-masa itu, sedangkan banyak bangsa di dunia yang terpecah belah atau menjadi bangsa yang gagal karena tidak mampu menahan berbagai badai perubahan zaman yang datang silih berganti?
Bangsa Indonesia dapat berdiri tegak karena yang pertama, kita mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Kita tidak mengenal menyerah, apakah itu melawan penjajah, kemiskinan, kebodohan, maupun bencana alam. Kedua, karena kita mampu bersatu sebagai bangsa, sebagai saudara senasib dan sepenanggungan. Ketiga, karena kita selalu mampu beradaptasi di tengah arus perubahan yang mampu membaca tanda-tanda zaman dan mampu mengikuti angin sejarah untuk Indonesia tercinta ini.
Oleh karena itu, untuk menjadi bangsa yang berhasil, ada 3 syarat fundamental yang harus kita bangun dan miliki yaitu, kita harus menjaga dan memperkuat kemandirian, memiliki daya saing yang tinggi dan harus mampu membangun dan memiliki peradaban bangsa yang mulia.
Sebagai bangsa yang besar , kita harus optimis menatap masa depan. Sumpah pemuda yang di latarbelakangi semangat pahlawan feodalisme itu adalah salah satu sejarah yang tidak bisa dilupakan. Cita-cita kemerdekaan negeri dari penjajahan fisik menjadi agenda utama pemuda Indonesia saat itu.
Hal ini adalah sedikit sejarah bahwa pemuda Indonesia memiliki andil besar dalam inspirasi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Pemuda harus menjadi ujung tombak perjalanan bangsa ini dan mampu mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak pada fase pertentangan dan diskusi maupun perkelahian yang tidak penting. Jangan sampai kita membuang waktu, pikiran, dan tenaga untuk hal-hal yang mubazir.
Saudara-saudara sekalian, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, moral bangsa.
Akhirnya, marilah kita berdoa ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga bangsa dan negara kita senantiasa diberikan kekuatan dan semangat juang yang tinggi untuk tetap kukuh sebagai bangsa, dalam naungan Negara Kesatuan Replubik Indonesia.

Wassamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar: