Blog Asik
Jangan lupa RSS meimiaw :)
Bookmark
di Browser kamu
Punya pertanyaan?
Kirim email ke Mei!

Senin, 04 April 2011

Sedikit tentang internet

0 komentar
 Membangun Sebuah Homepage Sederhana
HTML dirancang untuk dipakai di media World Wide Web, atau lebih dikenal dengan cyber world atau dunia maya. World Wide Web adalah jaringan beribu-ribu komputer yang dibagi menjadi dua kategori : Client dan Server. Server menyimpan informasi dan memproses data yang diminta Client dan kemudian mengirim informasi yang diminta client. Server juga mengirimkan perintah-perintah dalam bentuk Hyper Text Markup Languange (HTML) kepada client tentang bagaimana cara menampilkan informasi.
Hampir semua informasi di World Wide Web dapat diakses secara langsung karena setiap dokumen, file dan gambar mempunyai alamat tertentu yang disebut Uniform Resource Locators (URL).
URL memiliki empat bagian. Yang pertama, adalah protokol http://, (HyperText Transfer Protokol). Yang kedua, nama domain, yang merupakan kelompok komputer yang terhubung ke internet. Yang ketiga disebut directory path, dimana merupakan area khusus di server dimana item-item disimpan. Sistem kerja directory path pada web server sama seperti pada komputer desktop. Yang keempat dari URL adalah nama file dokumen, untuk menentukan file khusus yang sedang diakses.
HTML yang paling sederhana tanpa menggunakan kompiler khusus adalah dengan menggunakan NotePad. Dimana pada saat penge-save-an, ekstensi .txt diganti dengan .htm atau .html. Dan disimpan dengan tipe “All Files”.
Setiap file html harus mencantumkan pada awal dokumen dan ditutup dengan tag . Tag-tag yang dipakai dalam HTML bukanlah tag case sensitif, sehingga memungkinkan pada WebDesigner untuk menggunakan lower-case maupun upper-case.
Tag yang paling sering dipakai dalam HTML adalah tag paragraf (

ditutup dengan

). Selain itu HTML juga menyediakan format heading ( ditutup dengan ), heading level (x) dari 1 sampai dengan 6. Untuk mengatur alignment paragraf digunakan tag

dan ditutup dengan

. Untuk menebalkan, memiringkan, dan menggaris-bawahi huruf masing-masing menggunakan tag , , lalu ditutup dengan tag , , . Untuk mengganti jenis huruf dapat digunakan tag , dan ditutup dengan tag .

 Membuat Daftar Di Html
Daftar di HTML secara garis besar terdiri dari dua kelompok, yaitu daftar teratur dan daftar yang tidak teratur. Untuk data yang tidak teratur, Browser Web menempatkan bullet atau penanda lain di depan setiap item dalam daftar.
Daftar yang tidak teratur dimulai dengan tag
    sebagai tanda daftar yang tidak teratur dimulai di sini. Kemudian untuk pengganti bullet dipakai tag lalu setelah item daftar di entri, ditutup dengan tag , untuk kemudian mengetikkan tag untuk setiap entri item yang baru. Setelah semua item di daftar telah di-entri, daftar ditutup dengan tag
.
Tag
    dipakai untuk daftar teratur. Tag diperlukan untuk membuat judul. Dan untuk meng-entri item dipakai tag
  1. . Untuk daftar teratur dengan metode pengurutan dengan memakai huruf kapital, tag
      ditambah komentarnya menjadi
        , atau
          untuk huruf kecil, atau
            untuk huruf Romawi. Daftar definisi, yaitu item yang dibuat terpisah, baris pertama istilah, kemudian definisinya pada baris kedua dengan alignment baris kedua agak diposisikan ke dalam. Daftar definisi dimulai dengan tag
            . Baris pertama menggunakan tag
            dan baris kedua menggunakan tag
            .

0 komentar: